IDE KREATIF : Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta sukses menyulap limbah biji salak menjadi uang. Biji salak oleh mereka dibuat produk sandal terapi rematik portabel dengan harga jual Rp 89.999 per pasang.


"Limbah biji salak dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bernilai jual dengan menciptakan produk kreatif 'Portable Reumathic' (Pormathic)," kata koordinator tim Dianing Meijayanti di Yogyakarta seperti dilansir Antara, Minggu (29/6).

Proses pembuatannya pun terbilang cukup mudah. "Pembuatan sandal Pormathic itu diawali dengan mempersiapkan bahan-bahan seperti limbah biji salak dan karet. Biji salak kemudian direndam ke dalam alkohol selama 20 menit," katanya.

Selanjutnya biji salak dikeringkan dan diberi warna. Pada tahap pewarnaan itu biji salak dicat agar tampilannya lebih menarik.

Warna pada sandal Pormathic disesuaikan dengan keinginan konsumen. Setelah dicat dilanjutkan dengan pembuatan desain dan pola.

Dia mengatakan alas karet itu kemudian ditempeli biji salak dan dibentuk berdasarkan ukuran kaki. Selanjutnya dilakukan penyelesaian akhir dengan merapikan hasil tempelan, pewarnaan, dan jahitan. [bim]
Axact

KAOS MAKALULA

KAOS MAKALULA adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: